#2 Review Buku: The Girl On The Train

The Girl On The Train karya Paula Hawkins ini saya beri 4 dari 5 bintang

Sinopsis versi saya

Kisah ini menceritakan seorang wanita bernama Rachel yang hidupnya berantakan setelah berpisah dari mantan suaminya. Ia kehilangan pekerjaan dan menjadi seorang yang suka menenggak alkohol. Ia masih mengintai di sekitar rumah lamanya ketika dulu ia masih menikah dengan mantan suaminya itu dan juga memandang ke arah rumah tetangganya yang sama sekali tidak ia kenali sebelumnya lewat jendela kereta api yang setiap pagi ia naiki.

ia terus berada di lingkungan rumah tersebut, memperhatikan, sampai suatu ketika ia terlibat dengan kasus hilangnya wanita dari rumah tetangganya yang bernama Megan.

Jadi walaupun awalnya ia ingin membantu, sebenarnya Megan tidak benar-benar mengenal tetangga dari mantan suaminya tersebut. Dan parahnya saat Rachel sudah mulai terlibat, ia malah sering kehilangan ingatannya karena pengaruh alkohol.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Megan? Mengapa Rachel yang lupa dengan kejadian-kejadian tersebut, bersikeras ingin membantu kasus hilangnya Megan?

Review

Cerita ini memiliki sudut pandang yang cukup rumit. Kita dikasih sudut pandang semua tokoh, tapi malah ga ngerti kejadiannya kapan dan apa sangkut pautnya.

Disini Rachel sebagai tokoh utama memiliki peran yang sangat membingungkan. Penulis sedemikian rupa membuat si tokoh utama ini terasa tidak dapat dipercaya. Pembaca dibuat kesal karena kebiasaan Rachel yang tetap mabuk-mabukkan dan malah lupa. Padahal dirinya sendiri yang jadi dicurigai dan membuat polisi ga percaya sama sekali sama dia.

Megan pun di narasikan dengan cara yang bikin saya agak gagal paham saat awal membacanya. Karena tiba-tiba masa lalu Rachel diceritakan lewat flashback dan semacamnya. Saya awalnya ga ngerti apa hubungannya dan sampai sekarang pun tetap ga ngerti, kaya cuma sebagai pengalihan atau tambahan kasusnya Megan.

Sesungguhnya semua tokoh dalam cerita novel ini memang nyebelin. Anna, mantan suaminya Rachel, suaminya Megan, polisi atau detektif.

Sebenarnya cerita ini memang sangat lambat ditambah membingungkan namun pertengahan ending cerita kita disuguhkan dengan plot twist yang cukup aneh dan mengejutkan. Kesimpulan dan pesan dari cerita ini juga sebenarnya cukup bagus kalau ditelisik kembali.

Walaupun begitu saya tetap suka sama keseluruhan cerita ini.

Buku ini saya baca di aplikasi IPusnas

Leave a Comment