January 27, 2021
Alasan Kenapa Saya Membuat Blog Pribadi

Alasan Kenapa Saya Membuat Blog Pribadi

Mungkin banyak hal yang mempengaruhi orang-orang dalam membuat blog. Bagi saya, blog sudah saya ketahui sejak lama sejak awal saya kenal internet saat masih SMP. Saya pernah menceritakannya di tulisan kenapa harus sinmoonsun. Mungkin bukan suatu keharusan jika seseorang punya website sendiri atau blog biasa yang gratisan. Tapi bagi saya ada keseruan tersendiri dalam membuat blog seperti ini.

Walaupun awalnya saya ragu karena ini adalah pertama kali saya punya alamat website sendiri seperti ini. Tapi saya pikir, lebih baik lakukan seperti biasa saja tak usah pikirkan apa-apa. Anggap saja ini seperti blog biasa sebelumnya saya pernah punya.

Saya pikir, saya sedikit kehilangan minat karena tidak bisa dengan konsisten menulis. Namun bayangan mengenai betapa serunya mempunya area atau dunia sendiri yang diciptakan oleh saya selalu terlihat ketika saya bengong atau berkhayal.

Jadi saya berinisiatif untuk membuat tulisan tentang alasan kenapa saya membuat blog pribadi.

Menulis

Mungkin ini adalah alasan klasik yang setiap orang setidaknya pikirkan jika ia membuat blog. Jika tidak doyan menulis apalagi alasan yang bisa dibuat untuk membuat blog.

Saya merasa dengan menulis, seakan sedang berkomunikasi dengan diri saya sendiri dan dunia luar yang tak pernah saya jamah. Rasanya luar biasa jika ada seseorang yang membaca tulisan saya padahal saya tidak pernah bertemu dengannya, tidak pernah berkomunikasi, tidak tahu bagaimana sifat dan karakteristiknya, bahkan tidak tahu apakah jalan pikiran kita sejalan atau tidak.

Yang jelas dengan menulis saya bisa mengatur jalan pikiran saya yang terkadang semrawut. Membuat otak saya terasa segar dan waras.

Membuat Hal Yang Baru

Saya memang merasa iseng dan bosan, sehingga ingin membuat sesuatu hal yang baru. Saya merasa keisengan ini membuat saya teringat tentang blog dan penulisan. Dulu saya sangat bersemangat dan sangat tertarik untuk menulis, jadi saya coba kembali saat ini. Sekalian mengasah kemampuan saya dalam mengatur dan memilih kata dalam kalimat.

Dengan membuat blog seperti ini, saya merasa ada hal yang baru yang bisa saya buat setiap hari, minggu atau bulan. Bahkan saya bisa menciptakan sesuatu dari blog ini. Rasanya setiap tulisan bisa saya jadikan project, seperti tulisan berkonsep art of life saya dengan judul find yourself.

Ingin Punya Personal Branding

Ini juga merupakan keinginan saya. Tujuan saya memiliki blog adalah ingin memiliki jati diri di internet ini. Sosial media saya mungkin sepi dan saya tidak pintar untuk membuat konten di instagram. Tapi saya setidaknya memiliki kemampuan untuk menulis panjang-panjang, dan menciptakan sesuatu yang bisa dibaca oleh orang banyak.

Terinspirasi

Banyak contoh yang membuat saya terinspirasi untuk membuat blog ini. Seperti Lavendaire, sebenarnya dia adalah vlogger yang memiliki konten dalam pengembangan diri. Dia sebelumnya juga memiliki blog dengan nama yang sama. Walaupun konten saya berbeda dan cara berkreasinya juga berbeda, saya memiliki keinginan untuk punya website blog sendiri adalah dari salah satu videonya tentang personal branding.

Mark Manson juga adalah salah satu yang menginspirasi saya. Dia juga adalah seorang pembicara dan penulis buku best seller. Saya saat ini pun berlangganan newsletter dari blog nya dan tulisannya yang ia kirim lewat email secara gratis setiap bulan.

Lalu ada BTS dan Weverse Magazine nya yang membuat saya merasa senang dengan membaca artikelnya. Mereka hanya membahas pencapaian, tapi rasa positifnya terasa dan sampai ke hati saya. Mereka hanya menuliskan semua yang terjadi di dunia dan juga kaitannya dengan industri musik dan BTS sendiri. Sungguh membuat saya semangat untuk menulis.

Penasaran Dengan Pendapatan Dari Blog

Ya mungkin ini juga salah satu alasan dari beberapa blogger di luar sana. Tapi saya juga jujur sangat penasaran dengan hal ini. Berapa sih dan berapa lama pula penghasilan yang bisa didapatkan dari menulis? Kenapa para blogger di luar Indonesia memiliki passion yang sangat tinggi dalam menghasilkan uang lewat blog.

Maka dari itu saya dengan sengaja membuat website pribadi, mengingat alasan-alasan yang lainnya.

Terkdang kita memiliki banyak alasan dan bahkan tidak memiliki alasan untuk membuat sesuatu. Yang terpenting lakukan semuanya sesuai kehendak hati dan jiwamu, sehingga semuanya tidak terasa terlalu berat dan palsu.

Terima kasih telah membaca semua alasan kenapa saya membuat blog pribadi.

💜Sinta, Moonchild & Daydreamer

2 thoughts on “Alasan Kenapa Saya Membuat Blog Pribadi

  1. Aku juga pake blog pribadi, kak. Kalau pake blog pribadi atau personal gitu emang nyaman dan bebas mau nulis apa saja di blog kita. Kalau mau bikin blog dengan tema yang khusus itu agak sulit untuk di terapkan juga karena aku juga bingung mau bikin tema blog tentang apa dan belum lagi harus nyari ide dulu, terkadang nyari ide itu susah di banding dapat ide muncul dadakan di pikiran aku.

    Semangat ya nulisnya 🙂

    1. Emg sih nyari ide agak susah… Kita harus berpikir seperti artis atau musisi yang menyatukan seluruh track lagu ke dalam satu album, atau seorang novelis yang menyatukan setiap bab ceritanya jadi satu buku, begitu gambaran yang aku pikirin tiap bikin blog. Ya walaupun prosesnya lama.
      Makasih udh baca tulisanku Kak Aly 💜

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *