January 27, 2021
Find Yourself: Cara Mencari Impian

Find Yourself: Cara Mencari Impian

Sebenarnya saya juga cukup kesulitan untuk menemukan impian saya yang sebenarnya.

Karena menjadi blogger adalah salah satu impian yang sebelumnya saya abaikan, maka saya akan membagikan cara untuk mencari impian.

Cara mencari impian

  1. Tanyakan pada diri sendiri apa yang kamu mau?
  2. Bagaimana kamu bisa mendapatkan hal tersebut?
  3. Apakah kamu akan terus mengejar hal tersebut walaupun kamu harus menderita?
  4. Apakah kamu akan merasa bahagia jika kamu mendapatkannya?
  5. Pikirkan apa yang kamu sukai.
  6. Apakah hal tersebut dapat membuatmu lupa waktu?
  7. Apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang bisa dijadikan impian?
  8. Pikirkan hobi yang biasanya kamu sukai dan kamu tekuni sebelumnya.
  9. Apakah hobi yang menarik buatmu bisa kamu seriusi dan kamu lakukan dalam jangka waktu yang lama?

Silahkan jawab pertanyaan di atas dengan cara menuliskannya di buku atau jurnal pribadimu. Simpan dan baca kembali tulisanmu disaat yang tepat. Menuliskannya akan membuatmu memikirkan semua yang kamu inginkan selama ini dan mengatur struktur pikiranmu yang mungkin membuatmu merasa berantakan.

Jangan cari impian

Impian jangan dicari. Berkebalikan dengan judul, saya menyarankan jangan cari impian. Impian telalu mewah untuk dipikirkan. Lebih baik menginginkan hal yang kecil dan biasa namun menyenangkan membuat diri ini bahagia.

Mimpi itu sulit diraih ketika kita hanya memikirkan hasilnya saja. Namun cintailah prosesnya maka impian tersebut terasa tidak sulit.

Terkadang kita terlalu menggantungkan cita-cita terlalu tinggi. Memang bagus memiliki cita-cita dan impian yang tinggi. Namun kenyataan bahwa kamu belum tentu beraksi dengan melompat lebih tinggi adalah hal yang perlu dipertimbangkan.

Milikilah cita-cita yang sesuai dengan diri kamu, jika tidak itu hanya akan menjadikannya sekedar obsesi semata.

Menemukan impian tidak sama dengan mencari uang

Jika kamu berpikir kalau meraih mimpi bisa membuat kamu kaya, kamu salah besar. Memang semua orang butuh uang, secara realisitis sangatlah benar. Tapi jika kamu ingin menghasilkan uang dari beberapa mimpi tersebut maka kamu akan merasa tersiksa dan cepat menyerah.

Beberapa profesi impian tidak langsung menghasilkan uang dalam waktu sekejap. Tapi orang yang berprofesi di bidang itu mencintai pekerjaannya dan mendapatkan bonus yang sesuai dengan hal yang ia sukai.

Jadi kembali lagi saya katakan jangan memaksa untuk meraih impian, kecuali kamu keras kepala dan mau bekerja keras. Atau mungkin kamu bisa mengatur stress dan betul-betul mencintai impian tersebut, maka kamu bisa memilih impian tersebut. Lebih baik lagi jika impian yang kamu pilih benarlah menghasilkan uang dengan stabil.

Jika sudah menemukan impian, apa yang harus dilakukan?

Action! Jangan tunggu momentum, kalaupun kamu menunggu momen yang tepat, jangan terlena karenanya. Bukan masalah jika kamu menunggu waktu yang tepat, tapi yang salah adalah jika kamu menunda segalanya.

Pikirkan segala hal yang harus dilakukan saat kamu mempersiapkan hal tersebut.

Misalkan mencari alat pendukung, hal yang harus diperhatikan, mindset yang harus dimiliki. Beberapa citra impianmu harus didukung dengan mindset yang benar.

Tak masalah menjadi orang yang pamer, yang bermasalah adalah merasa ingin merendahkan orang lain.

sinmoonsun

Jika semua hal sudah kamu lakukan dan orang-orang mulai penasaran, silahkan pamer mengenai impianmu yang tercapai, tapi jangan dengan perasaan ingin merendahkan orang lain. Beberapa orang memberitahu bahwa pamer adalah hal yang salah dan bahkan ada yang tidak menyukainya.

Memang salah jika kamu pamer apalagi jika tidak bisa menolong orang lain. Jadi berusahalah pamer dengan cara yang soft bukan hard. Karena kenyataannya kita tidak memiliki sesuatu dengan jangka waktu yang lama, adakalanya diri kita sendiri akan merasa bosan.


Sangat seru untuk memikirkan apa impian dan apa yang kamu inginkan. Semoga hal tersebut tercapai dan prosesnya membuatmu merasa bahagia.

Find Yourself merupakan konsep tulisan yang termasuk ke dalam kategori Art of Life. Baca tulisan sebelumnya, Mencari Jati Diri.

💜Sinta, Moonchild & Daydreamer

4 thoughts on “Find Yourself: Cara Mencari Impian

  1. Makasih kak ini bener2 relate banget sih!! Setelah baca ini jadi lebih tahu lagi apa impian aku sebenernya!

    semoga kita semua bisa mewujudkan impian kita semua ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *