Find Yourself: Manusia Yang Tidak Sempurna

Find Yourself: Manusia Yang Tidak Sempurna

Sadari dan akui bahwa, kita manusia makhluk tuhan yang termasuk sempurna merupakan individu yang tidak sempurna.

Manusia memiliki banyak hal yang membuatnya sempurna. Tidak seperti hewan dan tumbuhan, kita memiliki banyak hal yang bisa kita lakukan. Kehendak, akal, pikiran dan rasa malu mungkin adalah nilai lebih dari kesempurnaan kita dibandingkan makhluk lain.

Dalam tulisan Find Yourself ini saya akan membeberkan bahwa ketidaksempurnaan kita, membuat kita bisa melakukan segalanya. Segala hal yang positif. Dengan menyadari dan mengakui ketidaksempurnaan, kita bisa memaklumi momen ketika kita gagal.

Kegagalan merupakan bukti bahwa manusia tidak selalu sempurna

Gagal beratus kali tidak membuat penemu lampu untuk berhenti berusaha. Lagipula Thomas Alva Edison tidak menganggap itu adalah sebuah kegagalan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cara terbaik untuk berhasil, itulah yang ia pikirkan.

Jadi jangan anggap kegagalan merupakan hal besar yang hanya bisa kau alami sendiri. Banyak orang mengalami ke-tidak-teraturan dan kegagalan, kita semua adalah manusia yang tidak sempurna. Jika suatu saat kamu menemui seseorang yang gagal jangan membuat mereka merasa malu dan menjadi cemas untuk melakukan hal lain. Begitu juga sebaliknya jangan merasa takut untuk gagal. Takutlah bila kamu akan menyesal karena tidak melakukan apapun.

Kegagalan harus dimaklumi dan ditakuti. Memakluminya akan membuatmu memaafkan diri sendiri atas semua kekuranganmu. Merasa takut baiknya diringi dengan perasaan termotivasi untuk bekerja keras agar berhasil.

Jangan Kaget Terhadap Manusia

Manusia merupakan tempat yang bisa membuat kita merasa heran. Jika cerita dalam novel memiliki plot twist, maka manusia pun bisa begitu.

Saya pernah kenal dengan seseorang yang terlihat baik, ternyata ia tidak sebaik yang saya kira.

Sesuatu terlihat mengkilau dari covernya saja belum tentu akan selalu mengkilau. dan itulah manusia.

Hal apapun bisa terjadi dalam diri manusia. Maka janganlah kamu merasa kaget dan heran dengan suatu perubahan atau mungkin kebusukan yang dimiliki manusia.

Semua kemungkinan dan semua potensi dimiliki oleh manusia. Karena kita adalah makhluk yang lebih sempurna dari makhluk lain, memiliki akal pikiran dan kehendak bebas yang bisa dilakukan oleh siapapun. Namun beberapa perubahan membuat kita tidak sempurna.

Hidup sejalan dengan penerimaan diri

Jika kamu memiliki rasa cemas dan takut karena semua hal yang terjadi yang bisa saja menimpamu maka ingatlah bahwa manusia itu tidak sempurna. Siapapun bisa melakukan kesalahan, maklumilah dirimu sendiri sama seperti kamu memaklumi orang lain.

Kita adalah spesies yang sama. Jadi, janganlah kamu merasa kecil dan tidak berdaya hanya karena kamu tidak bisa melakukan segala sesuatu dengan baik.

Bumi ini berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari. Jadi jangan biarkan kelemahanmu membuat dirimu sendiri diam di tempat dan selalu merasa tidak berdaya.

Ketidak berdayaan kita tidak dapat terus kita pikirkan selama-lamanya. Hidup harus terus berjalan dan maafkan dirimu sendiri atas semua ketidak sempurnaan.

Kita mungkin hanyalah setitik debu di alam semesta ini, tapi ketahuilah kita adalah pembentuk dari semesta ini. Jika tidak ada manusia maka tidak ada yang namanya planet bumi dengan kita di dalamnya.

Kita bisa bercahaya dengan cara kita masing-masing. Sama seperti bintang yang bersinar. Walaupun jauhnya selama puluhan juta tahun cahaya, namun mereka bisa sampai terlihat dalam teropong bintang atau pandangan dari planet kita.


Manusia yang tidak sempurna merupakan dirimu. Kamu harus mengakui adanya ke-tidak-sempurnaan semua orang termasuk dirimu sendiri.

Find Yourself merupakan konsep tulisan yang termasuk ke dalam kategori Art of Life. Baca Tulisan sebelumnya, Tips Mengatur Rasa Cemas.

πŸ’œSinta, Moonchild & Daydreamer

4 thoughts on “Find Yourself: Manusia Yang Tidak Sempurna

  1. Hi mba Sinta, salam kenal πŸ˜€

    Suka dengan tulisannya hehehe. Setuju banget kalau manusia itu nggak sempurna, namun dari keenggak sempurnaannya, kita sebagai manusia jadi berusaha menjalani hidup kita dengan usaha semaksimal yang kita bisa. Bukan untuk menjadi sempurna, namun untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya πŸ˜€

    Tentu dengan konsep penerimaan diri, hal itu bisa membuat kita lebih mudah melangkah ke depan, hehehe. Terima kasih untuk tulisan hangatnya. Ditunggu post-post berikutnya ya. Keep sharing, writing and inspiring πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *