Find Yourself: Mencintai Diri Sendiri

Find Yourself: Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri merupakan salah satu pembuktian bahwa diri ini merupakan individu yang berharga, sama seperti mencintai orang lain. Maka lebih baik untuk kita mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Setiap manusia itu berharga

Mungkin kita tidak tahu berapa harga kita sebenarnya. Tidak ada standar dari harga yang bisa ditetapkan untuk manusia. Namun seorang individu secara tidak langsung adalah sebuah kontribusi untuk individu lainnya yang merupakan salah satu dari milyaran populasi manusia di dunia.

Kamu mungkin hanyalah setitik debu, namun kamu merupakan salah satu faktor dari keseluruhan pemandangan indah yang ada di bumi ini.

Jika kamu memiliki seseorang yang berharga disisimu maka kamu juga merupakan orang yang berharga bagi orang lain. Jika kamu belum merasakan perasaan itu, maka lebih baik kamu mencintai diri sendiri terlebih dahulu karena kamu merupakan orang yang paling berharga bagi dirimu sendiri.

Semua perasaan bisa kamu rasakan dan itulah pentingnya dirimu sendiri.

Definisi mencintai diri sendiri

Bukan maksud untuk menjadi egois atau narsis. Mencintai diri sendiri sama seperti ketika kita merawat diri kita sendiri.

Hal itu kemungkinan merupakan hal yang paling rendah hati yang haruslah kita miliki. Sama seperti self reflection, sebelum mengomentari orang lain maka berkacalah atas apa yang ada pada dirimu sendiri. Karena mencintai diri sendiri sama saja seperti menerima kekurangan diri, memaklumi diri, menyadari potensi dalam diri, dll.

Jika kamu bisa mencintai diri kamu sendiri maka kamu juga bisa mulai menerima kekurangan diri kamu dan kekurangan orang lain.

Cara untuk mencintai diri sendiri

  1. Pahami dan kenali diri sendiri.
  2. Ketahui hal baik dan hal buruk yang kamu miliki.
  3. Maafkan semua kekurangan dalam diri.
  4. Cari hal baru yang bisa membuatmu bahagia.
  5. Berikan dirimu kekuasaan untuk memilih apa yang kamu inginkan.
  6. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  7. Hidup apa adanya dengan setulus hati.
  8. Beristirahat dengan cara Me Time atau Self Care sesuai yang kamu sukai.

Yang saya lakukan untuk mencintai diri sendiri

Saya mengenali diri saya sebagai introvert, pemalas, dingin, namun memiliki khayalan tingkat tinggi.

Hal buruk dari diri saya adalah saya suka menunda-nunda, pemalas, dan hanya semangat ketika awalnya saja. Terkadang saya tidak stabil dalam melakukan sesuatu apalagi secara media sosial dan konten seperti ini.

Seringkali saya selalu loncat sana loncat sini. Dari instagram bisa pindah ke youtube, dari situ bisa tiba-tiba nonton drama korea, terkadang ide tiba-tiba bisa muncul dan membuat saya mengganti hal yang saya kerjakan.

Namun jujur saja saya bisa melakukan berbagai macam hal secara bersamaan alias multitasking. Walaupun cuma kadang-kadang, tapi dengan hal tersebut saya bisa memanfaatkan waktu dan mengurangi rasa bosan.

Sehingga walaupun mengetahui kekurangan saya, saya memaafkan diri saya sendiri. Tidak apa jika kamu sedikit lambat dari temanmu yang lain. Tidak apa jika kamu tidak sekeren mereka. Tidak apa jika pekerjaanmu tidak jelas. Tidak apa jika kamu serabutan. Itulah yang saya katakan pada diri saya sendiri.

Hal baru yang bisa membuat saya merasa bahagia adalah menulis. Maka dari itu, sekarang kamu bisa membaca tulisan saya. Lalu, saya juga bisa merasa senang bila selesai membaca satu buku baru.

Kekuasaan yang bisa saya lakukan adalah terserah saya mau menulis apa di blog pribadi saya ini. Dengan cara membuat domain sendiri, saya bisa dengan bebas mengekspresikan apa yang saya pikirkan dan saya ketahui.

Karena tahu dengan apa yang saya sukai dan saya inginkan, saya tidak dengan mudah membandingkan diri saya dengan orang lain sekeren apapun mereka saat ini. Sekian dan terima kenyataan.

Saya menjadi lebih ingin hidup dengan apa adanya dan tulus menulis dengan cara saya sendiri, karena tidak membandingkan diri saya dengan orang lain. Mengetahui potensi saya sendiri tanpa melihat apa kelebihan orang lain yang tidak saya miliki, karena hal tersebut membuang waktu.

Me time yang saya lakukan adalah memikirkan ide konten atau tulisan, menonton drama korea, dan mencari tahu hal-hal baru lewat SNS.

Self care yang saya ingin lakukan adalah untuk mulai bereksplorasi dengan skincare san makeup.


Blog ini terinspirasi dari BTS dengan mengusung tema Love Myself, Love Yourself yang mendunia. Jika kita mencintai diri sendiri, maka kita tidak mudah untuk menyakiti orang lain. Begitulah hidup saling berkaitan.

Jika kamu punya cara lain untuk mencintai diri sendiri, mari berbagi!

Find Yourself merupakan konsep tulisan yang termasuk ke dalam kategori Art of Life. Baca tulisan sebelumnya, Emosi dan Komentar Jahat.

๐Ÿ’œSinta, Moonchild & Daydreamer

2 thoughts on “Find Yourself: Mencintai Diri Sendiri

  1. Nice sharing Kak! Aku pun saat ini masih struggle untuk mencintai diri sendiri dan rasanya tuh susah banget. Beneran sesulit itu, mungkin karena aku banyak comparing diri sendiri ke orang lain, that’s why jadi gini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *