Find Yourself: Mengetahui Diri Sendiri

Find Yourself: Mengetahui Diri Sendiri

Mengetahu diri sendiri memang merupakan hal yang sulit dan tak sulit untuk dilakukan. Namun tak ada salahnya kan untuk mengetahui diri sendiri?

Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk mengetahui dirimu sendiri. Mungkin hal ini bisa membuatmu memicu untuk melakukan hal baru dan memotivasimu untuk lebih percaya diri dalam banyak bidang dan aspek dalam kehidupan.

Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana kamu bisa menemukan dirimu sendiri dan mengetahuinya.


Sebelumnya saya berterimakasih kepada para pembaca dan ingin menegaskan bahwa saya bukanlah motivator ataupun psikolog, saya juga bukanlah orang sukses yang hebat. Saya hanyalah seorang penulis blog biasa yang baru memiliki alamat domain sendiri dan sedang mencoba berkespresi tentang teori kehidupan dalam kategori blog Art of Life. Bisa dikatakan saya adalah Moonchild & Daydreamer sehingga tulisan saya terasa sangat mengawang-awang dan terkesan serius.

Ini adalah akhir dari konsep tulisan Find Yourself dari saya. Bisa jadi ini adalah kesimpulan dari seluruh tulisan find yourself yang saling berkaitan tersebut. Jika kamu membaca tulisan ini saya sarankan untuk membaca tulisan sebelumnya. Mengenai:

  1. Mencari Jati Diri;
  2. Cara Mencari Mimpi;
  3. Tips Mengatur Rasa Cemas;
  4. Manusia Yang Tidak Sempurna;
  5. Emosi dan Komentar Jahat;
  6. Mencintai Diri Sendiri.

Mengetahui diri sendiri sama saja seperti mengetahui apa yang kamu punya, inginkan, dan miliki. Tulisan ini mungkin memiliki beberapa kesamaan dengan tulisan mencari jati diri.

Cara untuk mengetahui diri sendiri

Inilah beberapa hal dan pertanyaan yang bisa kamu tanyakan agar kamu mengetahui diri kamu sendiri.

Apakah kamu cukup stabil?

Secara stabil kamu dapat mengatur perasaan dan keterikatan dengan orang lain. Juga secara finansial kamu bisa merasa aman dan tidak khawatir. Namun sekali lagi itu bukan mengenai apa profesi atau pekerjaanmu.

Stabil juga dalam aspek emosi, antara senang maupun sedih. Tidak merasa sedih berlebihan dan tidak merasa senang terlalu tinggi.

Jika kamu merasa stabil di berbagai aspek, maka kamu dengan mudah dapat mengetahui bagaimana diri kamu sendiri.

Reaksi dan Persepsi

Semua hal yang bukan kaitannya secara langsung denganmu atau tidak bisa kamu kendalikan harus kamu ketahui efeknya jika berhadapan denganmu. Apa reaksimu dan bagaimana persepsimu terhadap dunia juga merupakan cara agar kamu bisa mengetahui diri kamu sendiri.

Tulis Journaling untuk mengetahui diri sendiri

Menulis jurnal dengan cara menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri sendiri akan memicu diri kita untuk mengetahui seperti apa diri ini sebenarnya.

ada beberapa blogger dan motivator luar yang biasanya membuat resource atau blog mengenai pertanyaan yang bisa kamu jawab dengan cara journaling. Biasanya diberi nama Journaling Prompts.

Tanyakan kepada orang terdekat

Tanyakan kepada orang terdekat dan kamu percaya mengenai bagaimana diri kamu sebenarnya, dan pikirkan kembali apakah pernyataan mereka itu benar.

Lakukan self reflection.

Buat diri ini menghadapi tantangan baru

Biasanya jika saya punya hobi baru atau melakukan hal yang baru saya akan merasa sadar akan sisi lain dari kepribadian saya. Mungkin hal ini memicu reaksi baru dalam diri saya dan membuat saya mengeksplorasi hal yang sebelumnya tidak saya lakukan.

Ikuti tes personality

Banyak hal yang membuat kita berbeda. Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana diri kita sebenarnya adalah mengikuti tes personality MBTI.

Ada beberapa kategori seperti.

  1. Analis: Arsitek (INTJ), Ahli Logika (INTP), Komandan (ENTJ), Pendebat (ENTP).
  2. Diplomat: Advokat (INFJ), Mediator (INFP), Protagonis (ENFJ), Juru Kampanye (ENFP).
  3. Pengawal: Ahli Logistik (ISTJ), Pembela (ISFJ), Eksekutif (ESTJ), Konsul (ESFJ).
  4. Penjelajah: Virtuoso (ISTP), Petualang (ISFP), Pengusaha (ESTP), Penghibur (ESFP).

Mengetahui diri sendiri sangat penting dan rumit

Memangnya kamu tahu bagaimana diri kamu sendiri?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sulit dijawab. Masalahnya banyak orang tidak tahu bagaimana diri mereka dan menjelaskannya secara singkat.

Apakah baik? Jahat? Biasa saja? Atau malah unik?

Banyak hal yang bisa mengubah cara pandang dan pola pikir kita sehingga terkadang kita bisa saja berubah dan bahkan tidak tahu kita sedang berjalan ke arah mana.

Mengetahui diri sendiri cukup unik saja sudah membuat saya senang. Terkadang bisa ada perubahan dari dalam diri kita yang tidak disadari, dan membuat kita tidak tahu apa yang kita mau, suka, atau bahkan hindari.


Sebenarnya mengetahui diri sendiri memiliki nama lain yaitu mengontrol diri. Mengetahui sama saja menyenangkannya dengan mencari hal baru dan mengeksplorasi diri.

Sekian tulisan Find Yourself dari saya, semoga kita bisa menemukan diri sendiri meskipun hal sulit dan tidak menyenangkan muncul dalam hidup.

Find Yourself merupakan konsep tulisan yang termasuk ke dalam kategori Art of Life. Baca tulisan sebelumnya, mencintai diri sendiri.

๐Ÿ’œSinta, Moonchild & Daydreamer

2 thoughts on “Find Yourself: Mengetahui Diri Sendiri

  1. Hi Sinta, salam kenal! ๐Ÿ™‚

    Mencintai diri itu memang susah-susah gampang ya hehe..
    Aku setuju banget sama tips-tips yang kamu tulis disini, relatable banget hehe
    Kadang ada kalanya kita bisa senang dengan diri sendiri, ada kalanya life-crisis datang bertamu haha apalagi ketika pandemi covid begini, jadi harus bisa menghibur diri sendiri dan jangan sampe termakan dengan pikiran-pikiran negatif yang sering muncul <3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *