Find Yourself: Tips Mengatur Rasa Cemas

Find Yourself: Tips Mengatur Rasa Cemas

Setiap orang mungkin memiliki perasaan cemas. Namun ada beberapa tips yang bisa membuatmu mengurangi rasa cemas dan mengatur perasaan cemas tersebut agar tidak berlebihan.

Kecemasan merupakan hal yang akan terus ada di kehidupan pada jaman apapun. Di masa lampau maupun di masa kini, pasti ada orang yang merasa cemas. Baik itu mengenai kehidupan pribadi, sosial bahkan politik. Kecemasan merupakan hal yang mengganggu apalagi jika perasaan itu belum terjadi di waktu yang sebenarnya.

Kita bisa merasakan kecemasan yang berlebih, sedang, maupun hanya sekilas. Namun hal yang membahayakan adalah jika rasa cemas itu sama sekali belum terjadi dan hanya merupakan bayangan gelap di dalam pikiran kita saja.

Beberapa cara untuk melewati rasa cemas adalah hadapi, dan berpikir bahwa semuanya akan terlewati.

Cara mengatur rasa cemas

  • Hiduplah berdasarkan kenyataan

Jujur saja kenyataan mungkin menyakitkan. Namun kenyataan tidak semenakutkan bayanganmu. Jika kamu telah selesai menghadapi sesuatu yang kamu takuti, semuanya akan selesai begitu saja. Hiduplah berdasarkan kenyataan dan jangan berpikir terlalu berlebihan. Berpikir negatif terlalu berlebihan memicu rasa cemas, stress dan penyakit.

  • Jangan berharap terlalu tinggi kepada orang lain

Hal yang sungguh-sungguh memicu rasa cemas adalah kehilangan orang lain, dikecewakan oleh orang lain, dan menggantungkan diri kepada orang lain. Jika kamu ingin memiliki kehedak sendiri, maka berharap terlalu tinggi kepada orang lain adalah hal yang harus kamu hindari. Beberapa orang terlalu stress jika orang yang diandalkannya menjadi berubah, mereka cemas dan menjadi tidak stabil karena perubahan orang lain. Saya sarankan, sejak awal lebih baik jangan berharap terlalu tinggi kepada orang lain. Manusia bisa berubah dan manusia tidak selalu sempurna.

  • Tuliskanlah semua rasa cemas

Journaling. Menulis adalah salah satu hal yang menjadi saran beberapa orang akhir-akhir ini. Mungkin sejak dulu orang biasa bilang menulis buku harian. Namun trend sekarang ini adalah menulis jurnal dengan menjawab beberapa pertanyaan pemicu. Journaling juga bisa dengan cara menuliskan hal yang mengganggu kamu dan pikiran cemas yang saat ini kamu tulis. Tuliskan rasa cemas tersebut, penyebab, hasilakhir, dan cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

  • Pikirkan apakah kamu mau menghindari atau menghadapinya

Tidak apa jika kamu takut dan merasa lemah. Tidak usah memaksakan diri untuk menghadapi rasa cemas tersebut. Perasaan tersebut mungkin hadir karena kamu memiliki pengalaman buruk di masa lalu dan menjadikan trauma yang mengganggumu. Jika hal tersebut berlanjut secara berlebih, lebih baik menghubungi dan berkonsultasi kepada ahlinya.

Menghadapi hal yang kamu cemaskan mungkin hal yang bagus juga. Karena pada akhirnya bukan rasa cemas tersebut yang akan terjadi, beberapa hanyalah khayalan kita saja. Jadi hadapi dan ketahuilah akan jadi apa akhirnya.

  • Tak masalah menjadi gagal atau berantakan

Jika hal yang kamu cemaskan berakhir menjadi nyata, maka hal yang harus selanjutnya kau lakukan adalah memaafkan. Memaafkan diri sendiri dan orang lain. Jika semuanya menjadi gagal dan berantakan, hal tersebut mungkin sebenarnya memang harus terjadi.

Kekhawatiran kita menjadi nyata. Tapi cobalah memaafkan dan menyadari bahwa memang banyak hal di dunia ini yang tidak sempurna.


Kecemasan merupakan bagian dari perasaan manusia. Jika berlebihan kita harus bisa menghentikannya atau mengaturnya.

Berpikir terlalu berlebihan dan negatif merupakan hal yang tak bisa kita hindari. Kita pasti bisa merasakan semua itu karena kita merupakan manusia yang memiliki perasaan peka dan pikiran yang bisa berkembang luas.

Berkembang luasnya pikiran kita bisa membawa diri ini menjadi lebih baik begitu juga sebaliknya, yaitu memikirkan hal yang tidak-tidak.

Saya juga masih mencoba untuk mengatur berbagai perasaan yang membuat saya merasa khawatir dan cemas. Mari kita mengatur rasa cemas kita dengan lebih baik lagi.

Find Yourself merupakan konsep tulisan yang termasuk ke dalam kategori Art of Life. Baca tulisan sebelumnya, Cara Mencari Impian.

💜Sinta, Moonchild & Daydreamer

2 thoughts on “Find Yourself: Tips Mengatur Rasa Cemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *