Hal apa yang membuatmu unik?

Hal apa yang membuatmu unik?

Adakah diantara kalian yang selalu memikirkan apa kelebihan diri sendiri? Atau merasa tertinggal dari orang lain?

Jika kamu merasakan suatu kemunduran dan merasa tertinggal jauh dari teman sebayamu maka kamu tidak sendiri. Mungkin banyak orang di luar sana yang merasa seperti ini, karena di atas langit masih ada langit. Bahkan walaupun kamu membandingkan diri kamu dengan temanmu, maka dia  kemungkinan melakukan hal yang sama. Membandingkan dirinya dengan orang lain.

Untuk mengurangi perasaan seperti itu dan mengubah perasaan cemas pula, saya akan memberikan beberapa tips yang perlu kamu pikirkan dan tanamkan dalam diri kamu.

  • Uniqe Selling Product

Mungkin kebanyakan orang akan bingung ketika membaca istilah uniqe selling product yang biasanya muncul dalam istilah marketing bisnis atau penjualan produk. Cobalah kamu meninjau dirimu seperti suatu produk. Apakah kelebihan yang kamu miliki, dan apa yang menurutmu menjadi nilai utama dalam diri kamu sendiri. Tidak perlu membandingkannya dengan orang lain, karena hanya kamulah yang tau bagaimana dirimu, difat, dan kebiasaanmu yang membuatmu lebih berharga.

Tulis jika perlu, apa saja yang telah kamu bisa kontribusikan terhadap berbagai hal di sekitar. Misal kepada teman, orangtua, keluarga, atau mungkin beberapa hal yang telah kamu lakukan di internet yang ternyata menjadi nilai jual atau khas kamu.  

Uniqe selling Product ini mungkin juga mirip dengan ketika kamu di wawancara saat melamar kerja, pikirkan kelebihan dan kekuranganmu. Hasilnya bisa juga dijadikan sebuah Niche, mungkin akan menjadi konsep yang besar jika kamu bisa mendapatkan hasil dari pemikiran ini.

  • Hal yang tidak membuatmu bosan

Saat ini mungkin kalian yang milenial tidak asing dengan kebiasaan berpindah tempat kerja secara sering. Ya ini adalah salah satu kebiasaan khas bagi para pekerja milenial yang sedang mencoba hal baru, bosan dan ingin memiliki pengalaman yang berbeda.

Namun sebenarnya pasti ada satu saja hal yang tidak bisa membuatmu bosan, apapun itu. Lakukanlah dan coba seriusi! Mungkin saja ada manfaat dari hal itu. Misalkan suka nonton drakor dan tidak pernah bosan, bisa membuatmu coba-coba bikin review atau sinopsis keseluruhan dari jalan cerita itu, atau mungkin bisa aktif di sosial media untuk membahasnya.

Perlu diingat akan lebih bagus jika hal yang tidak membuatmu bosan itu merupakan hal yang memiliki nilai jual. Jika kamu bilang tidak bosan jika bekerja, maka mungkin kamu memang hardworking, tapi apakah bekerja akan membuatmu lupa waktu? Karena sebenarnya yang saya maksudkan adalah hal yang benar-benar ingin kamu lakukan tanpa ingat waktu atau membuatmu asyik sendiri tanpa sadar bahwa kamu sudah melakukannya berulang kali.

Jika kamu terus menerus menonjolkan hal apa yang tidak membuatmu bosan dan sadar sepenuhnya akan hal itu, maka itu adalah keunikanmu sendiri yang menjadi ciri khas.

  • Inner Child

Biasanya saat kecil kita suka memiliki cita-cita besar yang aneh dan muluk-muluk, cobalah ingat lagi apa cita-cita tersebut.

Saya memiliki cita-cita sebagai pengusaha saat saya masih di bangku SMK dan sampai sekarang saya belum benar-benar sukses sebagai pengusaha. Namun saya menjadi giat mencari apa yang bisa saya jual dan menarik diri saya untuk membuat sesuatu karena itu merupakan hobi saya dulu sebelum menjadi karyawan.

Awalnya saya sadar bahawa tujuan saya bekerja adalah hal lain, yaitu untuk modal agar bisa menjadi pengusaha, lama kelamaan saya lupa dengan tujuan saya saat masih memiliki mental anak-anak.

Coba temui Inner Child mu yang itu, yang saat itu masih dengan polosnya ingin menjadi sesuatu yang kamu lupakan sekarang ini. Kemngkinan karena semakin bertumbuh dan mengahdapi lapangan atau kenyataan hidup di dunia yang kejam ini, kita jadi lupa keinginan dan pikiran kreatif kita sebelumnya.

Beberapa impian kecilmu mungkin akan membuat dirimu menjadi berbeda dan unik, namun tetap menjadi dirimu seutuhnya yang dulu pernah kamu lupakan.

  • Pujian dari orang sekitarmu

Kita sebenarnya hanya tidak sadar saja kalau kita jugalah seseorang yang berharga dan memiliki nilai lebih, hanya saja kita terlalu bisa fokus kepada apa yang kita lihat.

Coba dengarkan dan ingat kembali apa yang orang lain puji terhadap kamu. Kenapa kamu menjadi seperti yang mereka lihat? Dan apakah hal positif itu memang bisa menjadi ciri khas yang baik buatmu? Apakah hal tersebut bisa kamu terima untuk menjadi ciri khasmu itu?

Mungkin terkadang kita sulit untuk memiliki perpektif tersendiri dan menyerap apa yang bisa kita oalh dari pujian orang lain. Coba belajarlah untuk memahami itu.

  • Saran dari orangtua yang tidak kamu perhatikan

Terkadang karena terlalu ingin menjadi orang lain yang berbeda dan lebih hebat dari kita, kita jadi muluk-muluk dan menyingkirkan apa yang bisa kita raih. Gajah di pelupuk tak kelihatan, katanya.

Coba dengarkan apa kata mereka, orang tuamu mungkin mengetahui sesuatu yang tidak kamu ketahui. Mereka mungkin memiliki gambaran yang tidak bisa kamu terima atau bayangkan jika itu terjadi pada dirimu, sehingga kamu mengabaikannya.

Walaupun begitu beberapa mungkin sama sekali tidak bisa menerima apa yang diinginkan orang tua kepada anaknya, dan itu tidak bisa dipaksa. Cobalah untuk menerimanya dengan kepala dingin atau dengan jalan pikiran yang berbeda.

Mungkin saja walaupun dengan mendengar perkataan orang tuamu, kamu bisa menarik kesimpulan yang berbeda untuk menjadi dirimu sendiri. Hal tersebut mungkin bagus dan bisa membuatmu menjadi pribadi yang berbeda dan unik.

Semoga tulisan saya membantu. Saya bukan ekspert dan juga masih mencari dan belajar memahami diri.

Jika ada yang ingin menambahkan silahkan, sekian dan terimakasih

Photo by Ricardo Gomez Angel on Unsplash

Leave a Comment