Novel Kriminal Investigasi Yang Seru Untuk Dibaca

Bosan baca buku fiksi dan non fiksi yang biasa aja? Berikut rekomendasi novel dengan tema kriminal investigasi yang seru buat dibaca.

Pernah ga kamu merasa bosan dengan cerita yang begitu begitu saja. Mungkin saya adalah salah satu pembaca yang tidak terlalu suka baca buku dengan tema romance.

Kalaupun saya baca romance, pasti dibumbui genre fantasi atau magical realism.

Nah buat kamu yang pengen baca buku fiksi dengan tema serius, aku punya 5 judul rekomendasi buku novel kriminal investigasi Indonesia.

Semua 5 judul novel kriminal investigasi ini adalah karya dari Tsugaeda. Kamu yang suka baca atau nonton ulasan para pecinta buku mungkin pernah mendengar nama penulis ini.

Jadi dulu aku sempat nonton ulasan dari booktuber indonesia yang membahas buku Efek Jera. Setelah aku kepo in ternyata Tsugaeda sudah merilis 5 judul buku dengan genre yang sama, yaitu novel kriminal investigasi.

Novel Kriminal Investigasi Karya Tsugaeda

Inilah 5 judul novel kriminal investigasi beserta sedikit ulasannya.

1. Rencana Besar

Rencana besar merupakan novel debut pertama Tsugaeda.

Buku ini memiliki setting tempat sebuah perusahaan perbankan. Makarim seorang konsultan ditunjuk oleh bank UBI untuk menelusuri raibnya uang miliaran rupiah, dan mencurigai 3 nama karyawan.

Awalnya makarin dan pembaca dibikin bingung sama ketiga nama tersebut karena ketiganya berada di divisi yang berbeda.

Namun setelah ditelusuri ternyata kasus ini mengancam nyawa makarim karena kenyataannya sungguh berbeda. bahwa memang ketiga karyawan tersebut memiliki rencana besar untuk mengungkapkan kejahatan sebenarnya yang dilakukan oleh para pejabat direksi UBI.

Rating 4/5 bintang.

2. Sudut Mati

Bagi saya, sudut mati memiliki tema yang sedikit drama. cocok buat kamu yang suka nonton drama korea bergenre serius atau perebutan kekuasaan dengan unsur kriminal.

Sudut mati menceritakan 4 anak dari pemilik perusahaan grup Prayogo dengan karakter yang berbeda.

Titan baru saja kembali dari Amerika karena diutus oleh ayahnya untuk melanjutkan kepemimpinan di Grup Prayogo. Namun ia juga ingin menyelamatkan adiknya, Tiara yang menikah dengan anak dari grup saingan mereka yaitu Ares Inco.

Sedangkan Titok merupakan orang yang cukup penting di Grup Prayogo merasa posisinya digeser oleh Titan. Selain ketakutan akan posisi di perusahaan, dia juga merasa takut akan gambaran sudut mati dan bayangan genangan darah dalam mimpi buruknya.

Lain lagi dengan Teno yang masih memiliki dendam kepada ayahnya sendiri.

Rating 4.8/5 bintang

3. Efek Jera – Novel Kriminal Investigasi Yang Paling Seru

Efek Jera merupakan cerita lanjutan tentang Makarim, namun disini makarim merekrut seorang pemuda dari Pondok Cina bernama Dio.

Dio awalnya bertemu kembali dengan seorang pensiunan intelijen Angkatan Darat dan dilatih dengan sedemikian rupa.

Dio akhirnya menjalankan misinya untuk menyelidiki kematian seorang pilot maskapai penerbangan, dan berusaha untuk berkomunikasi dengan seorang yang mengetahui kejadian yang sebenarnya.

Cerita ini lumayan seru dengan komedi dan sindiran sosial juga politik yang disisipkan dengan serius di buku ini. Sehingga pembaca ga akan merasa bosan untuk membacanya.

Menurutku Efek Jera merupakan buku yang cukup trendy untuk dibaca walaupun bertema novel kriminal investigasi.

Rating 4.5/5 bintang

Baca juga : Review Buku Pembunuhan Di Sungai Nil

4. Muslihat Berlian – Fiksi Kriminal Favorit saya

Seorang penulis bernama Iwan yang hampir merencanakan bunuh diri tiba-tiba kedatangan tamu yang menawarkan cerita kisah hidupnya sendiri cukup panjang untuk dijadikan buku.

Saya sebagai pembaca sama sekali tidak menyangka bahwa cerita Junaedi ini sangatlah Plot Twist.

Awalnya Junaedi menceritakan bahwa dia adalah seorang Teller Bank swasta yang terpincut dengan seorang wanita sampai ia nekat untuk mencairkan dana deposito peninggalan ayahnya.

Ternyata ayahnya adalah seorang pencuri berlian mahal yang menjadi buronan kelompok mafia dan kepolisian.

Namun dia harus terus menghindar dan malahan bernegosiasi dengan pengusaha cantik asal surabaya yang membutuhkan berlian tersebut.

Pada pertengahan cerita saya hampir lupa bahwa buku ini adalah penjabaran Iwan sang penulis yang menceritakan kisah Junaedi. Jadi seperti cerita di dalam cerita yang akan dia jadikan naskah bukunya yang selanjutnya.

Namun pada akhir cerita, apalagi saat Plot Twist nya muncul barulah saya sadar bahwa ini adalah cerita Junaedi yang diceritakan kembali oleh Iwan yang awalnya juga merasa tidak mengerti mengenai jati diri Junaedi yang sebenarnya.

Muslihat Berlian ini merupakan novel kriminal yang membuat saya sendiri juga merasa terkena tipu muslihatnya karakter Junaedi.

novel kriminal investigasi

Rating 5/5 bintang.

5. Sisi Liar

Sisi Liar menceritakan seorang pengusaha kaya yang telah menghindari pidana atas kerusakan lingkungan terhadap hutan di Indonesia dan penjualan kayu-kayu secara ilegal.

Dio harus berpura-pura menjadi seorang perwakilan dari perusahaan invesrasi yang menawarkan lukisan langka kepada pengusaha tersebut.

Jadi Sisi Liar merupakan cerita lanjutan Dio yang menjalankan misi kedua setelah misinya di novel Efek Jera.

Menelusuri sindikat penebangan hutan secara liar ini yang mungkin mengancaman nyawa, karena di pedalaman hutan belantara terdapat banyak sekali kerangka tulang belulang manusia yang tidak bisa diidentifikasi.

Menurut saya novel ini seharusnya memiliki batas usia baca 21 tahun keatas, karena ceritanya yang berubah menjadi permainan perburuan manusia.

Saya sedikit kurang suka karena terlalu sadis, tapi mungkin untuk orang yang suka tema action dan menegangkan boleh banget buat baca buku ini.

Rating 4/5 bintang

Bagaimana? Apa kalian tertarik untuk membaca buku fiksi kriminal investigasi karya Tsugaeda ini?

Oh ya buku kak Tsugaeda ini sebenarnya bisa kamu beli secara terpisah dengan urutan maupun secara acak. Namun untuk Sisi Liar kamu harus baca setelah Efek Jera karena berkaitan dengan tokoh utama yang sama yaitu Dio.

Leave a Comment