Perbedaan Manusia

Perbedaan Manusia

Perbedaan Manusia

Jika kamu selalu menganggap orang lain lebih baik daripada kamu dan merasa diskriminasi ada dimana-mana, maka kamu tidak sendirian. Semua orang merasakan itu, walaupun dalam porsi yang berbeda. Beberapa orang tidak bisa mengambil dan menyadari keindahannya sendiri. Dia selalu melihat ke arah orang lain yang tidak sama dengannya atau dalam level yang tidak setara.

Bukankah hidup itu berdinamika? Jika semua orang harus sama maka tidak ada keindahan di dunia ini.

Kita lebih sering melihat ke contoh kecil daripada gambaran besarnya. Bahkan beberapa orang hanya melihat kelebihan orang lain daripada mengetahui keseluruhannya.

Itulah mengapa orang lebih mementingkan first sight daripada mengetahui lebih jauh bagaimana dan mengapa dia hidup seperti itu.

Mungkin kita tidak sadar bahwa hidup kita saling berkaitan satu sama lain, berkelindan. Banyak buku fiksi yang bisa mencontohkan bahwa hidup kita satu sama lain saling berkaitan baik secara langsung maupun tidak. Beberapa penulis biasanya menuliskannya dengan cara yang halus, seperti sebuah kebetulan atau mungkin pertemuan yang disengaja.

Kita secara tidak sadar membuat orang lain mendapatkan hasil dari apa yang kita lakukan. Bahkan bisa mengubah pola pikir, mood, dan tindakan orang lain. Walaupun tentu saja hal itu adalah keputusan mereka sendiri dan bukanlah campur tangan kita secara langsung. Namun memang beberapa orang bisa mendapatkan inspirasi dari apa yang ia lihat dari orang lain.

Saat itulah perbedaan manusia sangatlah penting. Coba bayangkan jika kita memiliki karakteristik dan pikiran yang sama dengan orang lain, maka dinamika dan keindahan dari dunia manusia ini tidak akan tercipta.

Perbedaan akan menciptakan suatu harmonisasi dalam hidup dan membuat kita lebih merasa bersemangat dalan menghadapi dunia yang kejam ini. Jika kamu tidak mengetahui perbedaan dan macam-macam pesona dari orang lain, kamu akan merasa cepat bosan dan tidak mau terus berusaha.

Banyak hal membuat kita ingin menjadi sesuatu yang berbeda, salah satunya adalah karakteristik orang lain dan perbedaan itu sendiri. Kita ingin menjadi sesuatu yang berbeda. Tidak mainstream dan tidak berada di vibe yang sama dengan orang lain, yang membuat kita merasa lebih berarti dan tidak disamama-samakan dengan orang lain.

Kalau begitu masihkah kamu ingin semua orang sama denganmu atau kamu memiliki nasib dan perasaan yang sama dengan orang lain?

Walaupun terkadang perbedaan membuat kita merasa sendiri, namun perbedaan-lah yang membuat kita bisa merasa lebih hidup lagi.

Kamu tidak sendirian walaupun berbeda karena berbeda adalah karakter manusia.

Photo by Kelly Neil on Unsplash

💜Sinta, Moonchild & Daydreamer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *