Ulasan Buku Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan

Sinopsis

Di puncak rezim yang penuh kekerasan, kisah ini bermula dari satu peristiwa: dua orang polisi memerkosa seorang perempuan gila, dan dua bocah melihatnya melalui lubang di jendela. Dan seekor burung memutuskan untuk tidur panjang. Di tengah kehidupan yang keras dan brutal, si burung tidur merupakan alegori tentang kehidupan yang tenang dan damai, meskipun semua orang berusahan membangunkannya.

Ulasan

Saya baca di aplikasi Ipusnas. Buku ini dari awal secara gamblang sudah menceritakan tentang permasalahan yang dimiliki oleh Ajo Kawir mengenai burungnya. Alur ceritanya tetap flashback di awal, menceritakan bagaimana burungnya menjadi tidur. Bagaimana Ajo Kawir terus berusaha agar burungnya bangun. Lucunya beberapa cara dan bagaimana orang-orang di sekitarnya ikut membantu membuat buku ini menarik dan bikin saya ngakak.

Pada akhirnya Ajo Kawir pun menyerah, ia juga sadar karena usul sahabatnya mengenai, untuk siapa dia mencoba membangunkan burungnya itu? Ya memang pendapat itu benar disaat Ajo Kawir masih sangat muda. Namun hal tabu tersebut ternyata sangat berpengaruh untuk masa depan dan kebahagiaan seseorang, dan itu dicontohkan dalam buku ini.

Bagaimanapun permasalahan seseorang bisa menjadi tambah rumit bila alat yang vital terganggu, apalagi jika alat tersebut adalah organ dalam tubuh manusia yang menentukan kelangsungan hidup seseorang.

Beberapa kali saya pikir, dan saya sadar. Oh, memang itulah inti ceritanya.

Cara Ajo Kawir menghadapi hidupnya dengan ngajak ribut siapa saja juga cukup menarik. Seperti seseorang yang haus secara emosional dan ingin meluapkan perasaaan itu. Walaupun pada akhirnya dia harus kenyang dan malah jadi ga mau berantem sama siapapun. Merupakan suatu perumpamaan yang cocok dengan kehidupan. Lalu saat dia sudah mulai tenang atas apapun itu, burungnya mulai bangun, hahaha.

Yang saya bingungkan apakah kerinduan Ajo Kawir terbayar? Ataukah hanya dendam si Iteung yang terbayar?

Buku ini adalah sastra/fiksi/novel dewasa. Tidak disarankan jika kamu tidak suka membaca hal yang tabu atau tidak kuat untuk membaca hal yang terlalu vulgar dan menjijikkan.

Note: barusan saya search di google, beneran udah ada filmnya?

4,5/5
Judul buku: Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Penulis: Eka Kurniawan
Halaman: 243
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

1 thought on “Ulasan Buku Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”

Leave a Comment