Ulasan KDrama Kingdom: Ashin of The North

Ulasan atau review Kdrama Kingdom: Ashin of The North saya buat karena saya masih ingat jalan ceritanya, kalau tidak ingat saya tidak akan buat seperti kingdom season 1 dan 2 yang saya agak lupa alur dan rumitnya jalan cerita di drama itu.

Plot Sinopsis dari Asianwiki staff

Saat bagian selatan Joseon pulih dari invasi Jepang, perbatasan utara Joseon menjadi lebih rentan. Jurchen telah berkumpul di dekat Pajeowi, menimbulkan kecurigaan dari pemerintah Joseon. 15 mayat Jurchen ditemukan di sebuah gunung di Joseon. Keluarga Jurchen sedang berburu ginseng liar. Khawatir kemungkinan invasi oleh Jurchen Pajeowi karena kematian orang-orang mereka, Min Chi-Rok (Park Byung-Eun) menerapkan rencana untuk menangkal invasi. Dia melakukan perjalanan ke desa perbatasan, yang terletak di bagian paling utara Joseon, di mana etnis Jurchen tinggal di Joseon. Orang-orang ini dijauhi oleh kedua negara. Min Chi-Rok memerintahkan pemimpin desa Ta-Hap (Kim Roe-Ha) untuk melakukan perjalanan ke Pajeowi dan menyebarkan desas-desus bahwa seekor harimau membunuh 15 Jurchen.

Sementara itu, putri Ta-Hap, Ashin (kemudian diperankan oleh Gianna Jun) menyelinap ke pegunungan untuk berburu tanaman yang menjanjikan untuk menghidupkan kembali bahkan orang mati. Ibunya sakit parah.

Ulasan Kingdom: Ashin of The North

Sebenarnya ulasan saya cuma satu kalimat yaitu pembalasan dendam.

Udah itu saja. Sekian review atau ulasan dari saya.

Ga deng…

Baca juga: Ulasan Kdrama Beyond Evil

Drama ini terkesan suram dan menyedihkan di awal. Alur cerita di awal sedikit flashback dengan cerita bagaimana seekor harimau yang terkena virus zombie berawal dari rusa yang memakan bunga indah yang ada di drama Kingdom season pertama dan kedua yang merupakan bunga yang bisa membangkitkan orang mati.

Rusa tersebut dimakan dikejar oleh harimau besar, dan harimau itu berubah menjadi zombie. Seingat saya si rusa langsung tidak bergerak lagi. Itulah yang menjadi perbedaan antara cerita zombi manusia dan hewan. Yang mungkin bakal ada teori lebih panjang lagi.

Yang jelas drama ini meripakan spin off dan cerita latar belakang bagaimana dan siapakah Ashin itu. Mungkin Ashin akan muncul di season ketiga, sehingga latar belakangnya harus diceritakan di seri yang berbeda. Agar tidak bingung untuk yang baru pertama nonton Kingdom disarankan sebelum menonton Kingdom Season pertama dan kedua, memang lebih baik nonton Ashin of The North ini.

Kenapa?

Karena sesungguhnya alur ceritanya memang begitu jelas kan, drama ini merupakan spin off dan penghubung antara season 1, 2 ke season selanjutnya sehingga kita tidak bingung dan mengetahui latar belakang Ashin nanti.

Yang saya tidak mengerti di drama ini adalah mengenai suku Jurchen Pajeowi. Awalnya saya bingung siapa sebenarnya ayahnya Ashin. Namun sepertinya suku yang ditinggali oleh Ashin memnag tidak berada di dua pihak, tapi diantara keduanya. Hal itu terlihat bagaimana ayahya Ashin menanyakan jabatan kepada Min Chi Reok, yang sampai sekarang saya tidak mengerti kedudukan dia sebagai apa.

Namun yang saya sadari sekarang adalah ayahnya Ashin bisa berbahasa Pajeowi, namun ia juga bisa bahasa Joseon sehingga dia bisa dimanfaatkan oleh kedua pihak. Hal itulah yang membahayakannya dan membuat Pajeowi marah.

Ibaratnya ayahnya Ashin adalah mata-mata buat Joseon, sama seperti yang akhirnya dilakukan Ashin saat sudah besar.

Baca juga: Ulasan KDrama Run On

Ashin mungkin memiliki yang namanya dunia utopia nya sendiri sejak kecil. Berawal dari usaha dia untuk kesembuhan ibunya sakit parah ia melihat tulisan di gua di hutan pedalaman dan tanaman yang bisa menghidupkan orang mati. Dunia utopia itu tercipta sejak kecil karena tragedi di tempatnya tinggal dan terbawa karena hingga dewasa. Sehingga hal yang menurut orang bisa terkesan menakutkan dan aneh menurut Ashin adalah hal biasa. Bagi saya bahkan sebenarnya menyedihkan karena ia sebenarnya tidak ingin ditinggalkan sendirian.

Namun, Bagaimana dendam Ashin bisa memanjang hingga cerita drama Kingdom berseason-season adalah ide yang luar biasa. Pertanyaan saya kini, apakah Ashin tau apa kelemahan para monster zombie itu selain dibakar?

Drama ini seperti season sebelumnya merupakan drama action yang mungkin sensitif untuk orang yang tidak suka darah-darahan, zombie-zombiean, pembunuhan dan hal sadis lainnya, karena teman saya mengaku takut untuk menonton Kingdom season 1. Sejujurnya saya pun dulu tidak berani nonton Kingdom S1 dan S2 di malam hari, LOL.

5/5

Sekian review atau ulasan kdrama Kingdom: Ashin of The North dari saya. Selamat menonton zombie dan dendamnya 🙂 .

Source: sinopsis and poster from asianwiki

7 thoughts on “Ulasan KDrama Kingdom: Ashin of The North”

  1. Aku juga udah nonton dan suka sama film ini karena jadi makin paket lengkap banget perjalanan zombie Kingdom ini. Gak nyangka juga kalo ternyata penyebar wabah zombie ini adalah Ashin. Keren banget filmnya!

    Iya, aku juga penasaran nih sejauh apa Ashin paham tentang bunga ini. Kok bisa dia dari kecil paham banget. Padahal kayaknya kan yang di altar penyembahan itu gak lengkap-lengkap banget jelasinnya ya…

    Reply
    • Iya kan, aneh juga dia udah siap2 buat iketin orang sekampungnya. Apa dia nyoba satu-satu dulu dan membuat penelitian sendiri dari kecil. Kapan dan kenapa ga ketauan sama Joseon, itu anehnya. Mungkin bakal terjawab di season 3, penasaran banget.

      Reply
  2. Sesungguhnya saya termasuk yang tidak berani nonton film ini. Tidak suka lihat yang berdarah-darah dan zombie. Tapi nonton juga 1/4 untuk Ashin ini, dan kembali mengatakan tak cocok untuk saya. Tapi satu yang saya pujikan dari drama ini adalah cinematography-nya yang keren habis

    Reply

Leave a Comment