Ulasan KDrama Law School

Seperti judulnya Law School, drama ini memiliki latar cerita sekolah hukum, bukan hanya secara teori namun juga praktek. Saya sangat menyukai drama ini, dan inilah ulasan atau review Law School.

Sinopsis Law School dari Wikipedia

Berlatar di Universitas Hukum Hankuk, drama ini menceritakan kisah mahasiswa dan profesor di fakultas hukum yang menemukan kasus yang tidak biasa. Seorang profesor di fakultas hukum bergengsi dan para mahasiswanya terlibat dalam kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebuah drama tentang proses calon pengacara mewujudkan otentisitas, hukum dan keadilan.[4]

Yang Jong-hoon (Kim Myung-min) adalah mantan jaksa penuntut. Dia sekarang menjadi profesor di Fakultas Hukum Universitas Hankuk. Dia merupakan seseorang yang berterus terang dan cenderung melontarkan komentar yang menggigit. Para mahasiswa tidak menyukainya karena ini dan menjulukinya “Yangcrates”, tetapi Yang Jong-hoon tidak peduli apa yang dipikirkan para mahasiswa tentang dirinya. Yang Jong-hoon fokus pada pembinaan personel dalam bidang hukum sehingga anggota akan dapat berkontribusi secara bermakna. Profesor Kim Eun-Sook (Lee Jung-eun) adalah satu-satunya kolega yang dapat dia ajak bicara secara terbuka.

Kang Sol (Ryu Hye-young) dan Han Joon-hwi (Kim Bum) adalah mahasiswa fakultas hukum tahun pertama. Kang Sol baru saja masuk sekolah hukum. Dia berasal dari latar belakang keluarga tak punya dan dibesarkan oleh seorang ibu tunggal. Di kampus, dia dikelilingi oleh siswa yang cerdas dan berasal dari latar belakang orang berada. Dia merasa tidak aman dan bahkan malu karena latar belakangnya. Kang Sol perlahan mengetahui tentang profesi hukum yang sebenarnya. Han Joon-hwi berada di urutan teratas di antara mahasiswa fakultas hukum tahun pertama. Dia adalah seorang pria muda yang menarik dengan kualitas kepemimpinan, tetapi dia memiliki sebuah rahasia.

Suatu hari, seorang profesor fakultas hukum ditemukan tewas di kampus tersebut dan Profesor Yang ditangkap sebagai tersangka utama. Mereka mulai bekerja sama untuk mengungkap kebenaran di balik kematian Profesor Seo, dan membuktikan bahwa Profesor Yang tidak bersalah.

(Yaampun sinopsis nya panjang amat ya)

Ulasan KDrama Law Schoool

Saat pertama nonton drama ini, mereka sedang melakukan praktek sidang tuntutan. Saking seriusnya saya pikir sidang beneran, namun setelah istirahat si profesor tidak muncul juga untuk menonton sidang tersebut. Akhirnya salah satu dari murid memutuskan untuk memanggilnya ke ruangannya. Saat sampai di ruangan, profesor Seo sudah tidak bernyawa lagi.

Akhirnya mereka memanggil polisi, dan semua orang di area ruangan sidang tidak diperbolehkan keluar termasuk dosen dan muridnya. Namun ternyata bukti polisi mengarah ke profesor Yang di hari berikutnya.

Semua siswa tidak percaya kalau profesor Yang lah yang membunuhnya sehingga mereka mulai menyelidiki. Lucunya semua yang terjadi di sekitar kampus memang sering diselidiki oleh para siswa fakultas itu bahkan si profesor Yang sendiri suka membuat topik dari kejadian di sekitar lingkungan kampus.

Cerita mengenai siapa pembunuh profesor Seo memang rumit dan bahkan berlanjut sampai akhir. Bahkan di dua episode akhir kita masih agak dibikin bingung kenapa pelakunya membunuh dan siapa dalang sebenarnya dari pembunuhan tersebut dan apa motifnya.

Kejadian lain mengenai kasus kekerasan yang dialami salah seorang mahasiswi dan anak pejabat pun menjadi saya sebagai penonton mumet. Tapi masalah itu malah buat cerita makin seru, karena mungkin kasus itu ada hubungannya. Memang profesor Kim Eun Seok seperti mengetahui segalanya, bahkan cukup mencurigakan tapi seperti Yangcrates dia juga adalah seorang dosen yang paling pintar dan mengetahui hukum dengan sangat baik bahkan bisa mempermainkan musuh yang sesungguhnya.

Baca Juga: Ulasan KDrama Kingdom: Ashin of The North

Alur dari drama ini maju dan ada sedikit flashback dari setiap kasus para tokohnya. Saya suka dengan drama ini dan gaya flashback seperti ini, karena tidak buat bingung dan menjadi seperti sedang menonton reka ulang adegan pembunuhan. Tapi yang bikin saya bingung adalah nama para tersangka lama yang bisa muncul tiba-tiba dan ternyata masih ada kaitannya. Jadi harus memperhatikan nama mereka satu persatu.

Kang Sol pun diceritakan ada dua orang di fakultas tersebut sehingga dibedakan, Kang Sol A dan Kang Sol B, yang satu anak orang kaya dan ibunya sangat ingin anaknya jadi hakim, yang satu dari keluarga miskin dan ibunya biasa-biasa saja. Lucunya antara dua Kang Sol ini berteman walaupun Kang Sol B agak dingin, dan mereka teman satu kamar di asrama.

Saya menyukai cara para tokoh menjalin hubungan di antara mereka, pertemanan dan permusuhan sama-sama baik. Pertemanan tentu saja menjadi hal yang sangat ditonjolkan di drama ini. Permusuhan pun terlihat sangat sehat apalagi yang ditunjukan oleh Profesor Yang. Dia bahkan menyarankan untuk banding yang sesuai kepada seseorang yang memiliki dendam kepadanya saat masih menjadi Jaksa penuntut umum.

Profesor Yang dijuluki Yangcrates karena selalu memberikan pertanyaan dan diskusi ketika masuk kelas ala Socrates jaman dulu. Kelas gaya dia membuat semua siswa merasa takut untuk menjawab dan ditanyai olehnya, namun kelas inilah yang membuat semua siswa dapat ikut andil dan memberikan pendapatnya dalam setiap kasus yang dibahas.

Han Joon Hwi mahasiswa dengan nilai paling tinggi dan paling perhatian pada semua temannya, membuat saya juga ikut baper, bahkan Kang Sol B sekalipun yang cuek. Sedangkan Kang Sol A memiliki cerita di masa lalu dengan Han Joon Hwi, dan ia takut kalau-kalau Han Joon Hwi menjadi ingat akan hal itu. Walaupun begitu Han Joon Hwi memang siswa yang pintar dan memiliki aura misteriusnya sendiri.

Baca Juga: Ulasan KDrama Mouse

Drama Law School ini cocok untuk kamu yang suka drama dengan genre hukum, misteri kasus, dan perkuliahan. Saya sama sekali tidak bosan dengan drama ini. Satu adegan kecil saja sangat berarti untuk keseluruhan drama, sehingga membuat saya memperhatikan semuanya tanpa merasa bosan.

5/5

Itulah ulasan atau review KDrama Law School dari saya. Jangan ragu buat nonton drama ini, karena seru abis. Selamat menonton.

Source
poster drama: Oleh Sumber, Penggunaan wajar, https://id.wikipedia.org/w/index.php?curid=3262832
Sinopsis Law School

1 thought on “Ulasan KDrama Law School”

Leave a Comment