Ulasan KDrama Mine

Ini adalah ulasan untuk drama Korea berjudul Mine. Drama dengan judul kuat ini memiliki inti cerita dan penyelesaian konflik yang juga cukup kuat

Sinopsis dari Wikipedia

Seri ini memperlihatkan sekilas gaya hidup wanita kaya dan masyarakat kelas atas dimana wanita yang kuat dan ambisius yang mencoba menemukan ‘aku’ yang sebenarnya untuk mengatasi prasangka.

Seo Hee-soo (Lee Bo-young), mantan aktris papan atas dan sekarang menantu kedua dari Hyowon Group dan Jeong Seo-hyeon (Kim Seo-hyung), menantu perempuan pertama dari Hyowon Group, mencoba menemukan identitas asli mereka.

Ulasan

Drama ini memang terlihat sangat berkelas. Dilihat dari tampilan rumah keluarga Hyowon yang sangat luas, terdiri dari Cadenza-rumah utama dan Rubato-rumah yang ditinggali Seo Hee Soo dan Han Ji Young.

Pada awalnya saya mengira cerita dari drama ini hanya akan menitik-beratkan mengenai perselingkuhan dan perebutan posisi istri. Namun ternyata drama ini sangat berbobot luar biasa bagi saya. Melebihi Penthouse yang bahkan saya belum menonton season 2 nya ataupun The World of The Married.

Adegan drama disajikan dengan alur maju-mundur. Dimana kita bisa mengetahui ada seseorang yang terbunuh dengan bersimbah darah di rumah keluarga Hyowon. Dalam narasi awal, orang yang melaporkan dan menceritakan adanya pembunuhan di rumah itu adalah Biarawati/Suster Emma.

Suster Emma adalah orang yang dekat dengan Seo Hee Soo. Seo Hee Soo bersama perempuan yang lain masuk ke kelas membaca alkitab dan sering menceritakan apa yang dialami kepada suster Emma. Suster Emma pun memiliki karakter yang lembut dan baik di awal cerita. Namun saya merasa masa lalunya memang cukup unik dan berbeda, sehingga memiliki cerita lain di drama ini.

Sedangkan Seo Hee Soo adalah aktris yang sudah berhenti bermain drama karena harus mengikuti peraturan keluarga Hyowon. Ia menjadi Ibu angkat yang sangat tulus bagi Han Ha Joon, anak kandung Han Ji Yong. Semenjak ia masuk ke Hyowon dia sangat dekat dengan iparnya yaitu Jeong Seo Hyeon.

Jeong Seo Hyeon adalah menantu pertama di keluarga Hyowon. Tidak seperti Ji Young, Jin Ho merupakan anak pertama yang kurang kompeten, suka minum alkohol, dan main lotre. Seo Hyeon menjadi seorang yang diandalkan oleh direktur Han karena dia dari keluarga terhormat/darah biru dan sangat pintar mengatur rumah maupun galeri seni Hyowon.

Awal mula dari tragedi berdarah di Hyowon adalah saat Seo Hee Soo mencari seorang guru les untuk Ha Joon. Saat itu kandidat guru les ada dua orang, yaitu Kang Ja Kyeong dan Kim Yu Yeon. Mereka berdua sama-sama memiliki pengaruh kepada jalan cerita. Dua wanita yang baru masuk itu bagi saya memiliki kepribadian yang cukup berbeda, keduanya memiliki tujuan yang sama sekali berbeda.

Kang Ja Kyeong sangat modis dan anggun bahkan terlihat seperti seorang yang memiliki rumah. Dia terlihat arogan dan menguasai Han Ha Joon begitu ia datang. Kim Yu Yeon tidak pernah berada di rumah orang kaya dan karena ketidaksengajaannya dia tertidur di kamar Han Soo Hyuk, cucu pertama keluarga itu.

Cerita terus bergulir saat Kang Ja Kyeong menjadi serakah dan jati dirinya terungkap, bagaimana ia masuk ke rumah tersebut dan siapa dia sebenarnya. Seo Hee Soo menjadi curiga kepada guru les Ha Joon. Ia merasa Ha Joon berubah dan menjadi dekat dengan guru lesnya dengan cara yang aneh. Ia terus menelusuri Kang Ja Kyeong dan akhirnya mengetahui bagaimana jati diri Han Ji Yong sesungguhnya.

Sementara Kim Yu Yeon harus terus bertemu dengan cucu pertama keluarga Hyowon yaitu Han Soo Hyuk secara tidak terduga. Mereka menjadi dekat dan menjadikan cerita ini sedikit rumit di akhir. Namun cerita mengenai Kim Yu Yeon tidak akan menjadi fokus utama drama ini.

Serunya dari drama ini adalah kita bisa melihat bagaimana para orang kaya bertidak secara berbeda di keluarga tersebut. Kehidupan mereka yang mewah tetap bukan penentu kebahagiaan. Mereka memiliki kesulitan tersendiri dalam menghadpi kehidupan.

Yang saya suka dari drama ini adalah bagaimana adegan para pembantu ditunjukkan disini. Mereka memiliki porsi yang pas dan sesuai. Pembantu juga harus memilih yang mana yang harus menjadi majikan sebenarnya.

Seperti yang saya bilang alur dalam drama ini terkadang maju-mundur. Apalagi saat di episode 10 ke atas, beberapa bagian ditandai dengan H- sebelum kematian dsb. Saya sangat menyukai cara produksi dan penulis mengatur reka adegan dan urutannya sehingga tidak pusing dan buat bosan.

Walaupun di beberapa episode saya merasa malas melanjutkan, namun tetap saja drama ini memiliki kata kunci yang kuat yaitu ‘Mine’ yang membuat saya balik lagi buat nonton.

Saya sangat terpukau dengan hubungan ibu dan anak yang dialami oleh Seo Hee Soo dan Han Ha Joon. Mereka sama sekali tidak memiliki hubungan darah, namun Hee Soo yang rela mengorbankan segalanya untuk Ha Joon terasa sangat nyata dan tulus. Bahkan ibu kandungnya sendiri tidak bisa seperti dia. Hee Soo memang tidak melahirkan Ha Joon, namun dia merawatnya sejak kecil sampai besar sehingga ia sama sekali tidak mau melepaskan Ha Joon dan memperjuangkan hak asuhnya. Bahkan segala yang akhirnya dilakukan Hee Soo, itu semua demi Ha Joon.

Sedangkan untuk peran Jeong Seo Hyeon, dia adalah wanita yang sangat tegas dan tau apa yang ia lakukan. Dia adalah wanita yang bertanggung jawab, namun sebenarnya dia juga rapuh. Dia menyukai sesama jenis, dan satu-satunya kekasihnya yang tak bisa ia lupakan tetap tak mau ia temui. Bagaimana ia bisa menghadapi orang di sekitarnya yang ingin menjatuhkannya karena perbedaannya ini membuat saya cukup terpukau. Penulis drama ini mencoba untuk mengangkat suatu identitas yang mungkin jarang muncul. Apalagi sebagai orang kaya yang terlihat sempurna dan berwibawa.

Memang inti dari drama ini adalah bagaimana perjuangan wanita di keluarga Hyowon mempertahankan apa yang menjadi kebahagiaan mereka. Bagaimana mereka harus bertindak bahkan walaupun mereka bukan anggota asli kelyarga Hyowon, tapi cukup penting. Pada akhirnya mencintai diri sendiri menjadi penutup dari semua jawaban mereka.

Mengenai kepemilikan dan siapa orang yang berhak untuk memilikinya, walaupun mereka tidak berhak karena tidak memiliki hubungan darah namun jika tulus dan benar maka sah-sah saja. Menantu pertama Jung Seo Hyeon menduduki jabatan Pimpinan utama, Menantu Kedua Seo Hee Soo menjadi ibu dan mendapatkan hak asuh atas Han Ha Joon. Sesuatu yang berharga di dalam keluarga Hyowon dimiliki oleh menantu yang bisa dibilang merupakan orang luar.

Cr & Photo via Wikipedia

4.5/5

Leave a Comment