Ulasan KDrama Mouse

Ini adalah ulasan dan reaksi saya atas drama Korea berjudul Mouse, yang entah apakah saya harus menulisnya atau tidak. Karena saya sebenarnya kesal dengan endingnya.

Sinopsis dari Wikipedia

Jeong Ba-reum (Lee Seung-gi) adalah seorang petugas polisi yang teguh, namun hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan seorang pembunuh berantai psikopat. Hal ini mendorong dia dan rekannya Go Moo-chi (Lee Hee-joon) untuk menggali kebenaran di balik perilaku psikopat dan menimbulkan pertanyaan, apakah mungkin memindai psikopat di dalam rahim ibu menggunakan tes genetik janin? Dan jika anak dalam kandungan adalah psikopat, apakah bijaksana untuk memiliki anak itu?

Ulasan

Awalnya saya kira Mouse hanyalah drama biasa yang menceritakan tentang pembunuhan berantai. Namun cerita menjadi rumit ketika seorang pembunuh dengan julukan Head Hunter memiliki istri yang sedang mengandung anaknya, yaitu anak dengan gen psikopat. Apakah yang akan terjadi pada anak itu? Bagaimana dengan keluarga para korban yang dibunuh oleh Head Hunter.

Sejujurnya saya cukup terlambat untuk menonton drama ini. Sehingga kecurigaan saya kepada Jung Ba Reum sangat kuat. Di awal cerita karakter yang ditonjolkan oleh penulis drama dkk. terasa sangat mengambang. Saya dibuat bingung dengan seperti apa Jung Bareum sebenarnya. Bagaimana perasaan yang sebenarnya tidak terlalu banyak ditunjukkan di awal drama.

Kita cukup berfokus kepada Go Moo Chi, yang mati-matian ingin mencari pelaku yang menurutnya mirip dengan pembunuh berantai Head Hunter, yang membunuh kedua orangtua nya. mungkin kita bisa melihat bagaimana seorang detektif yang kuat seperti Go Moo Chi juga manusia biasa. Ia sangat ingin membunuh Head Hunter, sangat ingin menangkap pelaku, bahkan sangat ingin membunuh Head Hunter dan anaknya.

Sung Yo Han digambarkan oleh penulis sebagai orang yang dicurigai. Ia yang memiliki gerak-gerik seperti seorang pelaku pembunuh berantainya. Beberapa scene tidak cukup membuat kita yakin bahwa dia pelakunya. Tapi bisa kita tahu bahwa dia merupakan anak yang jenius.

Hal yang membuat rumit dari drama ini adalah mengena dua ibu yang diceritakan di pertengahan drama, kita bisa mengetahui hal yang sebenarnya saat akhir drama ini. Siapa dan bagaimana anak mereka itu sebenarnya.

Head Hunter atau Han Seo Joon terus berpikir sampai akhir bahwa dia sangat menyayangi anaknya. Namun semua itu salah, dia bukan hanya membunuh orang-orang yang tidak bersalah tapi dia harus juga harus membuat anaknya sendiri merasa menderita. Sejujurnya dia cukup baik dalam memikirkan anaknya dibandingkan istrinya yang tak ingin mengakui anaknya yang memiliki gen psikopat.


Tokoh favorit

Tokoh favorit saya di drama ini adalah detektif Go Moo Chi dan Shin Sang. Banyak yang merasa curiga dengan Shin Sang, tapi saya sama sekali tidak curiga sama dia. Mungkin karena dia pemain lama yang sering muncul di drama, jadi orang auto curiga padanya.

Saya suka dengan peran yang dimunculkan pada Go Moo Chi. Perannya sangat realistis, walaupun ia melakukan kesalahan, menurut saya dia cukup netral dan melakukannya sesuai dengan nalar. Bagi saya Go Moo Chi tidak terlalu naif dan juga tidak terlalu berlebihan.

Sedangkan Shin Sang, saya sangat suka dengan cara penulis memasukkan bumbu cerita yang cukup lucu mengenai dia seorang anak dari calon presiden. Namun yang membuat saya terkejut adalah calon istrinya adalah anak dari seorang tersangka pembunuhan.

Tokoh nyebelin

Saya paling ga suka sama Oh Bong Yi, dia paling ga bisa terima kenyataan saat tau kalau Ba Reum bunuh neneknya. Tapi dia juga ga bilang sama siapa-siapa pas tahu kalau Ba Reum yang bunuh si pelaku psikopat yang mau nyelakain dia dulu. Dia juga rese banget dan bikin barang bukti yang dikantongin Go Moo Chi hilang.

Sung Ji Eun, dia adalah ibu kandungnya Jung Ba Reum, menurut saya dia paling tidak bertanggung jawab. Walaupun dia memuliki alasan bahwa di tidak bisa menemukan Ba Reum setelah kasus pembunuhan satu keluarga, bagi saya dia tetap tidak bertanggung jawab, untuk mencegah anaknya sendiri atau mengakuinya secara langusng bahwa dia adalah ibunya.

Anehnya tokoh yang paling jahat yaitu Head Hunter Han Seo Joon malah jadi tokoh yang ga terlalu nyebelin buat saya. Menurut saya dia malah paling peduli kepada anaknya, walaupun itu malah jadi kesalahannya.

Keseluruhan cerita dan ending

Drama ini sebernarnya adalah drama dengan cerita yang cukup rumit. Bisa jadi ini merupakan Drama Korea Thriller, misteri pembunuhan yang paling rumit yang saya tonton. Beberapa kali kita bisa dibohongi oleh penulis dan seluruh timproduksi drama ini. Bukannya mereka membuat kebohongan, hanya saja mereka seperti menampilkan yang lain dan tidak menampilkan seluruhya dalam adegan final. Seakan penulis, sutradara, tim produksi, dan pemain sedang mengerjai penontonnya dan mereka sekongkol.

Jika kalian suka dengan genre yang rumit dan bertema pembunuhan saya sangat merekomendasikan drama ini. Namun hati-hati untuk beberapa adegan yang agak brutal. Beberapa episode memang di rating untuk usia 19+. Juga mungkin kalian akan kesal seperti saya karena tidak mengerti dan merasa dibodohi di akhir cerita.

Menonton ini sampai habis juga jadi membuat saya tahu arti dari judulnya. Mouse, karena drama ini pada akhirnya membicarakan mengenai tikus percobaan.

Yang menjadi pertanyaan saya apakah si tikus itu benar-benar mati? Kenapa harus tikus, dan bukan kelinci?

Dengar-dengar katanya akan ada Mouse Season dua. Saya sangat senang dan setuju jika ada. Saya pasti akan menontonnya karena penasaran hal apalagi yang akan disajikan oleh penulis dan TVN.

Apakah kamu sudah menonton drama ini? Bagaimana menurutmu, dan hal apa yang membekas dari drama Mouse ini?

cr & photo via Wikipedia

1 thought on “Ulasan KDrama Mouse”

Leave a Comment